Sabtu, 18 April 2020

Maulid Nabi Muhammad SAW

"Maulid Nabi Muhammad SAW"
📌 Mushalla Smansa
⌚ Jumat, 8 November 2019

SMAN 1 Bontang setiap tahun selalu merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, sebagai bentuk rasa syukur dan bentuk cinta kepada Rasulullah SAW, yang merupakan utusan Allah yang dijadikan sebagai suri tauladan untuk seluruh umat manusia sejak beliau dilahirkan hingga akhir zaman kelak.





Maulid Nabi Muhammad SAW. adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Masyarakat Muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan shalawat nabi, pengajian, mendengarkan ceramah tentang kisah teladan Rasullah di masjid - masjid dan lain sebagainya.

 Setidaknya ada tiga hal yang tentu terkandung dalam perayaan Maulid Nabi:
1. Pembacaan salawat pada Nabi SAW
Keutamaan membaca salawat Nabi tidak diragukan lagi. Di isi dengan sejarah nabi ketika berdakwah, cerita kelahiran beliau dan wafatnya sehingga seorang muslim memperoleh gambaran tentang hakikat Islam secara paripurna yang tercermin dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW.
2. Maulid Nabi jadi sarana bersalawat
Peringatan tersebut merupakan sarana yang mendorong kita bersalawat pada beliau sehingga termasuk melakukan perintah Allah dan tentunya mendapatkan pahala.
3. Menceritakan tentang sopan santun dan tingkah laku yang terpuji Nabi Muhammad
Dengan mendenger cerita tentang sopan santun dan tingkah laku yang terpuji Nabi Muhammad membuat seorang muslim akan termotivasi untuk mengikuti perilaku Nabi SAW. Apa lagi diselingi dengan pengajian agama, membaca Alquran, bersedekah dan ritual-ritual yang mendapat legalitas syariah.
Jadi Maulid Nabi adalah hal yang baik dan mengandung banyak kegunaan dan manfaat yang akhirnya kembali pada umat itu sendiri.







© MEDISROMANSA

0 komentar:

Pengikut