Minggu, 19 April 2020

Hijab Syar'i


Hijab Syar’i




Kajian Rutin Akhwat bertema 
Hijab Syar’i
 Jumat
 “ Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”  (Al-Ahzab :59).



Hijab muslimah, adalah segala hal yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi bagi seorang Muslimah. Jadi hijab muslimah bukan sebatas yang menutupi kepala, atau menutupi rambut, atau menutupi tubuh bagian atas saja. Namun hijab muslimah mencakup semua yang menutupi aurat, lekuk tubuh dan perhiasan wanita dari ujung rambut sampai kaki.
Hijab di Indonesia sudah menjadi lebih populer sejak dua dekade belakangan ini. Pemakai hijab di Indonesia semakin banyak dari tahun ke tahun. Dengan semakin banyaknya pemakai hijab, maka semakin banyak pula tren dalam menggunakan hijab yang kebanyakan dari hasil kreasi hijabers.
Tidak ada salahnya mengikuti gaya jilbab masa kini yang banyak kreasi cantik dan menarik, namun tidak perlu terlalu terbebani dengan perkembangan jilbab tersebut, karena akan tetap santun dan cantik dengan jilbab yang sesuai dengan syar’i dan kepribadian. Semakin sederhana dan simple akan semakin baik.
Dengan menggunakan hijab kita mendapatkan banyak manfaat, yaitu :
· Menutup Aurat
Dengan menggunakan hijab kita akan menutupi seluruh aurat yang tidak diperbolehkan dilihat orang lain kecuali oleh mahram kita. Contohnya adalah kekukan dada dan paha.

· Mencegah dari Paparan Sinar Matahari
Dengan menggunakan hijab, maka kita akan terlindungi dari masalah tersebut yang artinya tidak perlu menggunakan penutup kepala tambahan lagi.

· Mencegah Terjadinya Kanker Kulit
Perlu sahabat ketahui mengenakan pakaian ketat plus terkena sinar matahari dalam waktu lama akan mengakibatkan kulit menderita kanker milanoma. Wanita berhijab pasti memiliki pakaian yang longgar dan pasti terhindar dari bahaya ini.

· Menjaga Kesehatan Rambut
Sinar matahari, debu, polusi, dan berbagai radikal bebas yang terdapat diudara dapat mengakibatkan berbagai masalah serius untuk rambut. Sebut saja ketombe, rambut rontok, rambut bercabang, dan berbagai keluhan lain yang dapat sahabat atasi dengan menggunakan hijab. Debu dan polusi merupakan penyebab utama masalah rambut, menggunakan hijab adalah salah satu solusi praktisnya.

· Berusaha Berperilaku Lebih Baik
Menggunakan hijab tidak semata menutupi aurat, melainkan juga untuk menjaga pandangan seorang muslimah agar tetap berprilaku baik sesuai kaidah agama. Yang dimaksud menjaga pandangan disini adalah bagaimana wanita menjaga akhlaknya untuk tidak melakukan sesuatu yang di luar syariat agama Islam. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa hijab bukan jaminan dalam perilaku seseorang, namun jika seseorang telah memiliki niat berhijab, maka ia tentu akan berusaha untuk menjalani perintah agamanya.

· Mencegah Diganggu atau Digoda Oleh Laki-Laki
Percaya atau tidak ini adalah manfaat menggunakan hijab yang tidak disadari, namun survei telah menunjukkan bahwa laki-laki cenderung segan untuk menggoda perempuan yang menggunakan hijab.

Selain hijab merupakan keharusan untuk wanita muslimah dan cara hidup Islam, secara fakta ternyata hijab juga telah terbukti memberikan banyak manfaat kepada setiap pemakainya. 


© MEDISROMANSA

0 komentar:

Pengikut