Sabtu, 18 April 2020

MABIT



MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)
Mushalla SMAN 1 Bontang
⌚Sabtu, 25 Januari 2020


MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) adalah sebuah kegiatan pembinaan dan penguatan iman dan taqwa yang diadakan oleh organisasi kerohanian Islam. Sesuai dengan namanya, MABIT dilaksanakan pada malam hari, namun biasanya peserta MABIT dijadwalkan datang sebelum Shalat Maghrib. Biasanya orang awam berpikir MABIT itu semacam kegiatan menginap di suatu tempat yang kegiatannya diisi dengan mengaji bersama dan  ceramah di malam harinya, kemudian pada pagi – pagi sekali dilaksanakan Sholat Tahajjud berjamaah. Namun, sebenarnya MABIT itu tidak hanya sekedar mendengarkan ceramah dan Sholat Tahajjud bersama lohh…

Yukk kita kupas sama – sama pembahasan tentang MABIT ini…

MABIT sendiri adalah singkatan dari malam bina iman dan taqwa. Ada 2 point pembahasan penting disini. Yang pertama adalah “bina iman”, Iman secara bahasa berarti tashdiq (membenarkan). Sedangkan secara istilah syar’i, iman adalah "Keyakinan dalam hati, perkataan di lisan, amalan dengan anggota badan, bertambah dengan melakukan ketaatan dan berkurang dengan maksiat". Para ulama salaf menjadikan amal termasuk unsur keimanan. Oleh sebab itu iman bisa bertambah dan berkurang, sebagaimana amal juga bertambah dan berkurang". Nah, rangkaian kegiatan MABIT seperti Sholat tepat waktu dan berjamaah, Tadarus Al – Qur’an bersama, mendengarkan ceramah, hingga Sholat Tahajjud bersama merupakan kegiatan yang dapat membina keimanan seseorang, terlebih lagi jika dilakukan dengan niat yang tulus dan sepenuh hati, Inshaallah akan ada balasannya dari Allah SWT.

Kemudian yang kedua ada “bina taqwa”. Taqwa adalah istilah dalam Islam yang merujuk kepada kepercayaan akan adanya Allah, membenarkannya, dan takut akan Allah. Menurut Tafsir Ibnu Katsir, arti dasar dari "takwa" adalah menaati Allah SWT dan tidak bermaksiat kepada-Nya. Senantiasa mengingat Allah SWT serta bersyukur kepada-Nya tanpa ada pengingkaran (kufr) di dalamnya. Nah, maksud dari kata “bina taqwa” dalam kegiatan MABIT disini adalah kita dapat lebih membina ketaqwaan kita  dengan cara mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam satu malam tersebut. Caranya sama seperti membina iman kita, yaitu dengan Sholat berjamaah, Sholat Tahajjud yang memiliki banyak kemuliaan, serta mendengarkan ceramah.

Jadi seperti itulah pembahasan mengenai “bina iman dan taqwa”.

Nah, kalau berbicara tentang MABIT gini, sudah pasti gak bisa lepas dari pembahasan keseruan menginap dengan peserta lainnya kan. Jadi, SMAN 1 Bontang, tepatnya pada tanggal 25 Januari kemarin telah melaksanakan MABIT. MABIT ini dikhususkan untuk para ikhwannya saja. Salah satu keseruan dari MABIT ini adalah makan malam dengan ikan bakar, tapi ikannya harus bakar sendiri. Jadi, mereka bekerja sama membagi tugas untuk menyiapkan makan malam mereka. Pelajaran yang dapat diambil dari kegiatan MABIT ini adalah bekerja sama, bekerja keras, dan bersabar. Jadi tidak hanya membina iman dan taqwa saja, tetapi juga mendapatkan penglaman baru dengan beberapa orang baru.





Kesimpulannya, hikmah – hikmah yang dapat diambil dari kegiatan MABIT secara umum adalah :
·         Meningkatkan iman dan taqwa para pelajar
·         Lebih mendekatkan diri mereka kepada Allah
·         Menumbuhkan muhasabah
·         Menjadi terbiasa menjalankan shalat-shalat sunah yang biasa dilakukan Rasulullah SAW
·         Meningkatkan kualitas Ibadah dalam hal ini sholat lima waktu
·         Memahami arti penting kebesaran dan kekuasaaan Allah SWT.


Ⓒ MEDISROMANSA

0 komentar:

Pengikut